Daily Activiti 3 Indonesia







Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.


Hai teman teman kembali kita di dapur politeknik pariwisata negeri makassar.Hari ini hari ke 3 kami masuk dapur.pada jam 7.00 saya tiba di kampus,saya menuju ke belakang kichen,kemudian saya dan teman teman duduk duduk sambil menunggu tibanya oneline. Tiba waktunya oneline kita berdiri rapi dan kita di incharge oleh kak rere dan wafra,dan kita di apsen satu per satu setelah itu kita masuk kichen.

Di kichen kita online lagi kemudian kak rere dan kak wafra memberikan kami materi tentang indonesian breakfast .materi indonesian breakfast adalah nasi goreng,sate,ayam taliwang,sambal tomat,acar,dan bubur ayam.masih banyak lagi tentang materi indonesian breakfas,tetapi kak rere dan kak wafra hanya menyebutkan menu tersebut.dan kami pun mendengarkan materi yang di berikan.

Setelah itu, kami di bagi dalam 4 kelompok dan kelompok kami membuat ayam taliwang.Ayam taliwang adalah makanan khas pulau lombok dari kampung karang taliwang,kota mataram,nusa teenggara barat yang berbahan dasar daging ayam.daging ayam yang di sajikan berasal dari ayam kampung mudah yang di bakar dan di bumbui dengan semacam saus yang bahannya antara lain cabai merah kering,bawang merah,bawang putih,tomat,terasi goreng,kencur,gula merah,dan garam.
kami pun langsung prepare bahan dan alat yang akan di gunakan.saya langsung mengambil 3 ayam dan saya langsung mengerjakannya.saya memotong ayam tersebut menjadi 12 bagian tiap ekor.setelah itu saya cuci bersih dan lansung kita masak dan di tunggu hingga matang.setelah masak di saring air dan di pisahkan antara daging dan air kemudian di diamkan












Pada jam 12 aktifitas di hentikan dan kita istirahat sambil mendengar suara azan suhur.setelah itu kami langsung menuju mesjid melaksanakan sholat  setelah sholat kami istirahat lagi dan makan bersama senior .sesudah makan kami langsung masuk cool kitchen,dan kami langsung melanjudkan mengerjakan ayam taliwang kami.setelaah semuanya selesai kami lansung mengemas menggunakan plastik wrap,kemudian di diamkan.setelah lama di diamkan kami langsung menghidangkan dan siap di tunjukan.





setelah itu kita dan teman teman lanjud dengan General Cilining.kami pun di bagi tugas,kak rere dan kakwafra langsung menunjuk kami di mana kami akan membersihkan.saya dan beberapa teman di tunjuk untuk membersihkan cool kitchen.saya dan teman teman langsung membersihkan alat alat yang kami sudah pergunakan dan di lanjud membersihkan meja serta menyikat bagian lantai dan bagian grainase.setelah kami selesai kami istirahat di belakang kichen sambil menunggu waktu asar.

Setelah itu,tiba waktu asar kami bergegas menuju ke musollah dan sholat,sehabis sholat kami lanjud kajian bersama teman teman dan senior.kami mendengarkan kajian dari pak ustas yaitu
Tentang 10 keutamaan ilmu di bandingkan harta.
-Ilmu itu adalah warisan para nabi,sedangkan harta adalah warisannya para raja atau orang orang kaya.
-Ilmu itu akan menjaga pemiliknya,adapun pemilik harta dialah yang menjaga hartanya.
-Harta akan habis ketika di belanjakan sedangkan ilmu akan semakin tumbuh dan berkembang ketika di belanjakn.
-Pemilik harta ketika dia meninggal maka hartanya akan berpisa dengannya,adapun ilmu ketika dia telah meninggal maka ilmu akan masuk bersma ke dlaam kuburannya.
-Ilmu itu adalah hakim terhadap harta ,adapun harta tidak bisa menghakimi ilmu.
-Harta bisa di peroleh oleh orang beriman,orang kafir,orangbaik,dan orang jahat,dan ilmu yang bermanfaat  tidak akan bisa di peroleh kecuali orang yang beriman.
-Orang yang berilmu itu yang dibutuhkan oleh para raja dan orang orang di bawahnya,sedangkan orang yang memiliki harta hanyalah di butuhkan oleh orang yang tidak punya apa apa.
-jiwa itu akan menjadi muliah dan akan menjadi bersih dengan mengumpul ilmu dan memperolehnya,dan hal tersebut merupakan kemuliaan jiwa tersebut.adapun harta tersebut kadang membersihkan jiwa,akan tetapi tidak bisa menyempurnakan jiwatersebut dan tidak bisa menambah sifat kesempurnaan terhadap jiwa.
-sesungguhnya sebuah jiwa terhadap ilmu agama,itulah kesempurnaanjiwa tersebut.dan sesungguhnya jiwa semangat mengumpulkan harta,maka itu kelemahanya.
-Ilmu itu akan mengantarkan jiwa untuk meraih kebahagiaan yang memang dia ciptakn untuknya.adapun harta adalah hijab penghalang antara jiwa dan kebahagiaan tersebut.
Setelah itu pak ustas menutup kajian tersebut dan kami pun pulang .

Komentar

Postingan Populer