DAILY AKTIVITI (INDONESIA)


Daily Aktiviti 7
12 februari 2020




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Hay kembali lagi di blog saya tentang rutinitas kami sehari hari sebagai mahasiswa poltekpar makassar jurusan seni kuliner,kegiatan kami sebagai anak dapur yaitu melakukan praktek selama satu minggu.pada jam 7.00 saya tiba di kampus,saya langsung menuju kichen dan duduk di teras belakang .saya dan teman teman bercerita tentang blog dan menu yang akan kami buat.

Jam 8.00 kami oneline,kami di incharge oleh kak jaka.pertama tama kami di apsen satu persatu,setelah itu peralatan kami di periksa oleh senior dan yang tidak lengkap harus di lengkapi, setelah semuanya lengkap kami di izinkan untuk masuk ke kichen dan kami langsung menuju loker untuk menyimpan toolbag dan memakai peralatan yaitu apron,small knife,spoon,dan menyiapkan recipi serta alat tulis yaitu small book dan polpen.

Setelah itu kami langsung menuju cool kichen dan kami langsung oneline.setelah beberapa menit kak jaka langsung datang dan menuliskan menu yang akan kami buat hari ini yaitu macedoine of vegetable mayonnaise,minestrone soup,fillet of sole meuniere,potatoes au gratin, glazed of vegetables,choux ala creme,dan hard rolls.kak jaka langsung menanyakan kepada kembali kepada kami tentang menu menu tersebut.

Macedonia merupakan nama makanan khas berasal Italia yaitu buah-buahan seperti apel, anggur, pisang dan lain lain yang potong dadu lalu dicampur gula. 
Minestrone adalah sup kental asal Italia. Sup ini berasal dari kata "minestra", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta.
Sole meunière adalah hidangan ikan Prancis klasik yang terdiri dari sol, lebih disukai utuh atau fillet, yang dikeruk dalam tepung, digoreng dengan mentega dan disajikan dengan saus mentega coklat, peterseli dan lemon. Sol memiliki tekstur yang ringan namun lembab saat dimasak dan memiliki rasa yang ringan.
Choux a la creme (cream puff) adalah salah satu toko kue klasik Jepang. Setiap toko kue biasa menjualnya. (Kami menyebutnya 'krim choux'.) Biasanya diisi dengan vanilla custard dan whipped cream. Lalu, beberapa toko memilikinya dengan krim cokelat, krim teh hijau, krim stroberi, dll ... Sebagai seorang anak, saya adalah penggemar berat roti choux isi es krim, karena saya sama sekali tidak suka krim kocok.

Di Inggris, profiterole dan eclare sangat populer, biasanya diisi dengan whipped cream dan ditutupi dengan cokelat / saus cokelat. Tapi saya tidak melihat banyak isapan krim. Kadang-kadang saya benar-benar suka custard klasik dan yang diisi krim kocok dan membuatnya sendiri. (Dan saya membuat waktu ini untuk membawanya ke teman-teman Jepang saya.)


Setelah itu kami langsung membuat menu menu tersebut,pertama saya langsung prepare bahan yaitu ubi jalar,wortel,dan lobak.saya langsung mengupas dan saya turnips sayuran tersebut sekitar 150 biji menggunakan pisau kecil,saya mengerjakannya selama beberapa menit setelah semuanya sudah saya turnips saya langsung mencucinya menggunakan air bersih dan selanjudnya saya masak hingga matang.setelah matang saya langsung pisahkan vegetables tersebut dengan liquitnya dan saya dinginkan hingga beberapa menit.setelah dingin saya langsung menumis vegetable tersebut.




Setelah semuanya selesai saya langsung melanjudkan membuat menu mengcorst dan membuat sekitar 30 pcs untuk di kirim ke resto.sambil menunggu orderan dari resto kami menata menu kami dan menghiasi sampai benar benar rapi dan cantik di pandang.setelah beberapa menit menata menu kami oven resto di mulai kami pun membawa menu kami ke dalam resto untuk di hidangkan untuk tamu tamu yang datang.setelah semua menu sudah di order di lanjudkan dengan general cilining(GC).






Komentar

Postingan Populer