DAILY AKTIVITI (INDONESIA)


Daily Aktiviti 12
28 februari 2020



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu


Halo gays,kembali lagi di blog saya israr culinary 19 yaitu di mana kegiatan saya sebagai mahasiswa poltekpar makassar yaitu berada di kitchen setiap minggu praktek untuk melakukan suatu paraktek.di sini saya akan bercerita tentang dan berbagi sedikit ilmu tentang apa yang saya lakukan selama satu hari berada di kitchen politeknik pariwisata negeri makassar.

Pagi ini jam 7.00 saya tiba di kampus,saya langsung menuju kitchen,kemudian di kitchen saya bertemu teman teman dan saya lngsung menyapa mereka.saya langsung duduk sambil bercerita tentang mengerjakan tugas blog semalam.Sambil menunggu datangnya oneline kami di riviu oleh senior dan kami reviu sesuai kelompok kami,saya berada di kelompok 3 saya langsung di riviu oleh kak jose tentang jenis jenis potongan sayuran dan saya di riviu dengan beberapa orang.

Jenis jenis potongan sayuran
  1. Jardiniere / balok
    Potongan ini biasanya digunakan dalam hidangan steak / maincourse yang berukuran 3cm x 1cm x 1cm.
  2. Juliene
    Potongan ini biasanya digunakan dalam hidangan salad / appetizer yang berukuran 4cm x 2mm x 2mm.
  3. Brunoise
    Potongan ini biasanya digunakan dalam isian roughut yang berukuran 2mm x 2mm x 2mm.
  4. Macedoine
    Potongan ini biasanya digunakan dalam isian soup yang berukuran 1cm x 1cm x 1cm.
  5. Allumate
    Potongan ini seperti batang korek api tetapi lebih besar dari juliene yang berukuran 3cm x 3mm x 3mm.
  6. Paysane
    Potongan ini biasanya digunakan untuk isian soup dengan ukuran 1cm x 1cm.
  7. Chiffonade
    Potongan halus pada sayuran seperti kol, sawi, lettuce.
  8. Chopped
    Dicincang halus / kasar pada umbi lapis seperti onion, garlic, shallot.
  9. Slice
    Potongan ini berbentuk irisan, baik itu tebal maupun tipis. Biasanya potongan ini digunakan untuk tomato, sucini, carrot.
  10. Turning
    Potongan turning biasa digunakan untuk soup contohnya potato, labu siam.
  11. Vichy
    Potongan ini hampir sama dengan slice yaitu potongan asli dari bentuk sayuran tersebut contohnya carrot vichy.

Pada jam 8.00 kami langsung oneline bersama teman teman.kemudian pak ical langsung datang dan memberikan kami materi tentang menu yang kami akan buat hari ini yaitu menu 1.1
-cicken hawaiian salad
-crimp bisque
-Beef stew
-baked potato
-zucchini saute provencalo
-yellow butter cuke
-french bread
Ini adalah menu rotasi 1.1 yang akan kami buat dan akan di hidangkan di resto.hari ini kami open resto dan makanan kami akan masuk ke resto jam 1.30.

Kelompok kami membuat cicken hawaiian hawad kemudian kami langsung prepare alat dan bahan yang di butuhkan dalam pembuatan cicken hawaiian salad.cicken hawaiian salad adalah makanan pembuka atau apatizer bisa juga sebagai makanan utama atau maincors.cicken salad ini berbahan  utama daging ayam dan buah nanas dan sauce yang di gunakan adalah mayonise sauce,cicken salad ini berasal dari negara hawaiian,cicken hawaiian salad ini bisa juga sebagai menu alternatif.





Pembuatan cicken hawaiian salad ini kami menggunakan dada ayam yang kemudian kami beri bumbu dan di perasi lemon kemudian di saute,setelah di saute kemudian di potong hingga membentuk kotak kecil atau sebesar dadu,kemudian nanasnya juga kami kupas dan di potong kotak meyerupai dadu.kemudian kami campur ayam dan nanas kemudian kami campur dengan mayonise sauce,di aduk hingga tercampur rata kemudian di pleating di atas piring dan di tambai garlig bread dan di taburi biji almon.menu apetizer ini langsung masuk reto dan kemudian kami langsung general cilining(GC).

Komentar

Postingan Populer