MENU ROTASI 1.2


Terminologi food





Fillet of Snapper Meuniere   

Meuniere adalah teknik memasak, terutama ikan. Nama French for 'the miller's is wife, mengacu pada penggunaan tepung untuk ikan dan sausnya. Anda juga bisa memasak sesuatu seperti ini dengan memasaknya di tepung sebelum dipanggang.

Meunièresaus adalah persiapan sederhana mentega coklat, peterseli cincang dan lemon. Nama mengacu pada karakter pedesaan yang sederhana.

Source by
https://www.primarasa.co.id/resep/fish-meuniere


2.Macedoine Of Vegetable Mayonaise


Versi asli salad ini ditemukan pertama kali oleh seorang Belgia bernama Lucien Olivier pada tahun 1860. Olivier merupakan seorang chef yang berasal dari Hermitage, salah satu restoran yang paling populer di Moskow. Salad buatannya dengan cepat menjadi terkenal di antara pengunjung restoran dan membuatnya menjadi makanan yang menjadi ciri khas Hermitage. Resep yang sebenarnya tentu saja dijaga kerahasiannya dengan sangat ketat terutama dressing yang digunakan, namun diketahui bahan-bahan salad mengandung grouse (sejenis unggas), veal (lidah sapi muda), caviar (telur ikan), lettuce, crayfish (sejenis udang), capers (kuntum bunga tanaman Capparis spinosa) dan bebek asap, bahan salad ini tentu saja bisa berubah tergantung kondisi saat itu. 

Dressing aslinya sendiri merupakan tipe mayonnaise yang terbuat dari French wine vinegar, mustard, dan minyak zaitun Provencal, untuk takaran bahan-bahan dressing ini tidak ada yang mengetahuinya. Menjelang pergantian abad ke-20, salah satu Olivier's sous chef bernama Ivan Ivanof berusaha mencuri resep salad tersebut. Di suatu malam, saat sedang mempersiapkan dressing seperti biasanya, Olivier tiba-tiba dipanggil untuk suatu urusan yang penting. Tidak membuang waktu Ivan Ivanof lantas masuk ke dalam dapur pribadi Olivier dan mengambil kesimpulan yang masuk akal mengenai bahan-bahan yang digunakan dengan melihat aneka bahan yang tergeletak di meja. Ivan kemudian mengundurkan diri dari Hermitage dan bekerja sebagai chef di Mokswa, sebuah restoran dengan level yang lebih rendah. Di sana Ivan mulai menyajikan salad yang dicurigai mirip dengan Olivier salad dengan nama 'Capital Salad'. Walaupun kemudian banyak pakar kuliner yang berpendapat bahwa dressing pada Capital Salad memiliki kualitas yang lebih rendah, alias 'kehilangan suatu bahan' di dalamnya.

Cerita selanjutnya adalah Ivan Ivanov kemudian menjual resep salad tersebut ke berbagai penerbit dan menjadikan salad ini semakin terkenal. Seiring dengan ditutupnya Hermitage restoran pada tahun 1905 dan kepindahan keluarga Olivier keluar dari Rusia, salad jenis ini sekarang seringkali di kenal dengan nama 'Olivier'. Mengikuti perkembangan jaman dan faktor kepraktisan serta biaya yang harus dikeluarkan, bahan-bahan salad yang mahal lantas digantikan dengan jenis yang lebih murah dan terjangkau seperti yang saya lakukan kali ini. Jika anda ingin mencoba membuatnya di rumah, anda bisa menggunakan jenis sayuran sesuai dengan selera anda, tidak harus sama dengan yang saya sertakan di resep. Dedaunan segar seperti selada dan lettuce saya rasa juga sedap untuk menjadi pilihan. Untuk protein yang digunakan, bisa ditambahkan potongan ikan tuna kalengan, ayam panggang suwir, potongan sosis atau hanya telur rebus seperti salad yang saya buat. 

Komposisi dressing-nya sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Jika anda menghindari menggunakan banyak mayonnaise di dalam salad maka kurangi porsi yang saya sertakan di bawah atau gantikan dengan yogurt untuk versi yang lebih sehat. Walau mustard akan memberikan rasa sedikit menyengat yang khas selayaknya wasabi di sushi dan membuat dressing menjadi segar, namun skip saja jika anda tidak memilikinya di rumah. Selebihnya membuat makanan ini sangat mudah dan cepat tentunya. 

Source by


3.Saus Bechamel.


Saus Béchamel atau saus putih adalah salah satu dari lima saus utama dalam kuliner klasik Perancis. Saus béchamel versi modern dibuat dari susu dan roux (campuran dari mentega dan tepung terigu) serta dapat ditambahkan bumbu-bumbu seperti garam, lada dan biji pala. Sementara itu, saus béchamel versi klasik dibuat dari daging sapi muda beserta bumbu-bumbu yang direbus dalam kaldu bening. Namun, versi klasik dari saus ini sudah jarang dibuat oleh para juru masak modern.


Saus béchamel pertama kali dibuat pada 1680 oleh Pierre de la Varenne yang saat itu merupakan juru masak pribadi dari Louis XIV. Ia kemudian menulis resep dari saus ini dalam bukunya yang berjudul Le Cuisinier Francois (Kuliner Perancis). La Varenne menamakan saus yang diciptakannya sesuai dengan nama temannya yaitu Marquis Louis de Béchamel.
Source by
http://yusriasafira.blogspot.com/2018/02/termynologi-beberapa-saus.html?m=1


4.Glazed Root Vegetable



Salah satu jenis makanan pendamping maincourse, juga termasuk golongan vegetable. Bahan dasarnya ialah sayuran yang berjenis umbi dan karena glazed jadi hasil vegetable ini harus mengkilap dan tidak berair karena sayuran telah disaute dengan butter atau oil.

Source by


5.Hard Roll



Hard roll salah satu jenis roti keras yang biasa di sajikan pada restaurant semi formal , makanan pengisi pada jenis menu table d hote. Biasanya di tempatkan pada bread basket dan disajikan dengan butter maupun honey.

Bahan dasarnya pun sederhana karena jenis roti ini temasuk Un rich jenis roti yang tidak banya menggunakan komposisi, salah satunya water, sortening ,flour, yeast , and salt . Dimana pada bagian luarnya agak cruncy dan bagian dalam roti lembut.

Source by
https://www.cdkitchen.com/recipes/recs/286/Hard_Rolls7162.shtml


6.Cream Anglaise (Vanilla custard sc.)


Custard adalah beragam olahan kuliner berdasarkan campuran susu atau krim dan kuning telur yang dimasak.Tergantung pada berapa banyak telur atau pengental yang digunakan, custard dapat bervariasi dalam konsistensi dari saus menuangkan tipis (crème anglaise) ke krim kue tebal (Perancis: crème pâtissière) yang digunakan untuk mengisi éclairs. Custard yang paling umum digunakan sebagai pencuci mulut atau saus pencuci mulut dan biasanya termasuk gula dan vanila. Kadang-kadang tepung, tepung jagung, atau gelatin ditambahkan seperti dalam krim kue atau crème pâtissière.

Source by
https://bakingamoment.com/creme-anglaise/


 7.Choux la Creme


Choux berasal dari bahasa Prancis yakni "Pate a Choux" yang berarti pasta kubis, karena bentuknya meyerupai kubis. Namun adonan ini sering disebut dengan choux paste karena teksturnya yang tidak padat melainkan seperti pasta dan ketika di panggang, telur membuat adonan menjadi kopong sehingga dapat diisi dengan krim yang berbagai rasa. Ada berbagai macam bentuk dari adonan ini yaitu kue sus, profiterole, crouquembouche, éclair, cruller, beignet, dan lain-lain.

Sejarah ditemukannya pastry choux bermula pada tahun 1533 ketika Catherine dari Medici meninggalkan kota kelahirannya di Firenze, Italia untuk menikah dengan Henri II dari Prancis. Ia membawa seluruh pegawai istananya termasuk para juru masaknya ke Prancis. Tujuh tahun kemudian, kepala juru masaknya yang bernama Panterelli menciptakan adonan pasta yang ia gunakan untuk membuat kue. Adonan tersebut kemudian ia namakan "Pate a Panterelli". Tetapi nama tersebut tidak beratahn lama karena adonan tersebut kemudian dikenal juga sebagai "Pate a Popelini" dan lalu menjadi "Pate a Popelin" hingga akhirnya disebut sebagai "Pate a Choux". Marie - Antonie Careme, seorang juru masak dari Prancis, menyempurnakan resep yang diciptakan oleh Panterelli hingga menjadi resep yang digunakan oleh para juru masak saat ini.

Source by
https://weebirdiecafe.files.wordpress.com/2014/05/p1070322-640x481.jpg


8.Minestrone Soup


Minestrone soup adalah sup kental asal Italia. Sup ini berasal dari kata " minestra ", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental. Umumnya minestrone dimasak dari kuah tomat yang diberi isi berupa polong, bawang, seledri, tomat cincang dan wortel, lalu ditambah pasta.

Minestrone adalah masakan Italia paling merakyat, dimana setiap daerah punya variasi resepnya masing-masing. Sejarahnya, karakteristik sup ini dibuat dari sisa-sisa makanan yang tak terpakai (trimmingan). Masakan ini berasal dari resep para petani yang ingin membuat masakan sederhana namun bergizi dan mengenyangkan.
Ada istilah tersendiri yang mengkategorikan masakan sederhana yang diciptakan di dapur rakyat, yaitu Cucina Provera atau masakan orang miskin. Walau begitu, orang Italia sangat mencintai minestrone sehingga di tiap-tiap rumah dan daerah, mereka menciptakan variasi yang sangat banyak.

Di Italia, posisi sup ini dapat disejajarkan dengan pasta. Tidak ada resep yang baku untuk memasaknya, namun masyarakat Italia menggunakan bahan-bahan seadanya yang saat itu tersedia di dapur. Bahan isi minestrone berbeda-beda sepanjang tahun. Sup dapat berupa kaldu ayam kental isi sayuran yang direbus sebentar atau mungkin direbus lebih lama.

Sourec by
https://cookieandkate.com/classic-minestrone-soup-recipe/


9.Potatoes Au Gratin

Gratin berasal dari bahasa Perancis yang berarti Gratter atau dalam artian "mengikis" atau "memarut" (misalnya, "goresan " roti atau keju), dan gratinè, dari bentuk kata kerja transitif dari kata untuk kerak atau kulit. Teknik ini mendahului nama saat ini yang tidak muncul dalam bahasa Inggris sampai 1846.

Selain hidangan kentang yang terkenal seperti Gratin dauphinois, cooking au gratin adalah teknik memasak yang banyak digunakan dalam persiapan berbagai hidangan termasuk banyak hidangan daging, ikan, sayuran dan pasta, adas, daun bawang, daging kepiting, celeriac dan aubergines (terong).

Komentar

Postingan Populer