TERMINOLOGI FOOD

  • Hard Roll



       Hard roll salah satu jenis roti keras yang biasa di sajikan pada restaurant semi formal , makanan pengisi pada jenis menu table d hote. Biasanya di tempatkan pada bread basket dan disajikan dengan butter maupun honey .
           Bahan dasarnya pun sederhana karena jenis roti ini temasuk Un rich jenis roti yang tidak banya menggunakan komposisi, salah satunya water , sortening ,flour, yeast , and salt . Dimana pada bagian luarnya agak cruncy dan bagian dalam roti lembut .

Sumber : By Dinymoo
  • Glazed Root Vegetable


          Salah satu jenis makanan pendamping maincourse, juga termasuk golongan vegetable. Bahan dasarnya ialah sayuran yang berjenis umbi dan karena glazed jadi hasil vegetable ini harus mengkilap dan tidak berair karena sayuran telah
 disaute dengan butter/ oil.

Sumber : By Dinymoo

  • Bebek Menyanyat 



      Bebek menyatnyat ini berasal dari kota Bali (Indonesia) kota yang dikenal dengan seribu pulau dewa . Bahan- bahanya pun menggunakan santan , Bebeknya yang di boil terlebih dahulu kemudian di braising membuat daging empuk dilidah . Juga menggunakan bumbu juga yang dihaluskan . Bebek menyatnyat yang kami buat kemarin dihidangkan dengan nasi putih,kangkung plecing dan sambal matah.

Sumber : By Dinymoo


  • Sauce Demiglaces 


      Sauce demiglace adalah brown sauce kental asal Prancis yang dijadikan sebagai saus dasar untuk membuat beragam sauce lain salah satunya Bolognaise sauce, mashroom sauce , Black pepper sauce dan semacamnya . 
     Sauce demiglace dimana campuran antara brown roux dan brown sauce yang ditambah dengan mirepoix dan bouquet garnie serta tomato paste , sehingga menjadi saus demiglace . 

Sumber : By Dinymoo


  • Custar Creme ( Pastry Creme)



       Pastry cream adalah cream yang dbuat biasanya sebagai isian dalam berbagai jenis kue.misalnya kue sus,lalu sebagai pelekat isi sweet danish atau fruit danish,,dan masih banyak lagi. rasanya yang creamy,lembut dan manis,membuat banyak orang menyukai pastry creamsebagai isi dari kue yang mereka buat.

Sumber : by Dinymoo

  • Brown stock 



        Brown stock biasanya digunakan sebagai penambahan pada suatu makanan . Banyak digunakan di negara-negara lain . Bahan dasar beef bone , ya menggunakan tulang sapi pada umumnya yang ditambahkan air, mirepoix yang sudah di roasting (panggang) dan Bouquet garnie sebagai penambah aroma dan rasa . Stock ini pastinya memiliki warns coklat dong dan pastinya aroma sapinya juga terasa .Biasanya digunakan pada pembuatan soup dan sauce .

Sumber : By Dinymoo

  • Sop Kacang Merah 

              



         Sop kacang merah atau biasa disebut dengam Brenebon ,nama ini merupakan pengucapan lokal orang Manado   yang diambil dari Belanda yaitu  bruine bonen berarti "kacang merah" .Makanan ini berasal dari pengaruh belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur .
     
          Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain . Paling enak disajikan dalam keadaan panas .

Sumber : By Dinymoo
  • Plecing Kangkung



  Makanan Khas Indonesia yang berasal dari Lombok .Plecing kangking terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat yang dibuat dari cabai rawit , garam, terasi ,dan tomat ,juga biasanya diberi tetesan jeruk limau .Plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge,kacang panjang ,kacang tanah goreng atau pun urap .

Sumber : By Dinymoo 



  • Chicken Salad Hawaian  

 

     
             Hawaian chicken salad adalah makanan pembuka atau appatizer , bisa juga disajikan sebagai menu utama atau main course. Sauce yang digunkan untuk Hawaiian chicken salad adalah mayonnaise sauce . Umunya lebih dikenal Hawaiian yang berarti nenas. 

Sumber :http://femalebox-tobipuken.blogspot.co.id/2011/02/hawaiian-chicken-salad.html


  • French Bread 
                    
              

        French Bread adalah roti prancis yang berbahan dasar flour, yeast ,salt and water. Roti ini termasuk un rich, dimna ingridientsnya yang begitu sederhana . Bentuknya pun panjang dan bulat sehingga hampir mirip dengan roti Baguette ( roti Prancis ) . Roti jenis ini sering digunakan saat breakfast ataupun sebagai pendamping  soup .
        
Sumber : Dari  ( Tri wahdini .A)

Komentar

Postingan Populer