DAILY AKTIVITI (INDONESIA)





Daily aktiviti 8
13 februari 2020




Assalamualaikum waramatullahi wabarakatu

Hay teman teman kembali lagi di blog saya yaitu kegiatan saya selama satu hari berada di kichen poltekpar makassar.pada jam 7.00 saya berangka dari rumah ke kampus,pada jam 7.30 saya sudah tiba di kampus,saya langsung menuju kichen,di kichen saya bertemu teman teman saya dan saya langsung menyapanya,saya pun duduk di teras halaman belakang kichen.kami pun langsung bercerita tentang blog kami sambil menunggu senior yang incharge hari ini.


Setelah jam 8.00 senior sudah ada dan kami pun oneline bersama teman teman dan kami di incharge oleh senior kak wahyu,kami langsung di apsen satu persatu dan memeriksa perlengkapan perlengkapan kami.setelah semuanya sudah lengkap kami di perbolehkan masuk kedalam kitchen.kami langsung menuju loker untuk menyimpan toolbag kami dan memasang perlengkapan seperti apron dan menyediakan alat alat tulis seperti small book dan pulpen


Kami langsung menuju cool kithen dan kami langsung oneline,setelah beberapa menit chef dino datang dan memberikan arahan kepada kami  dan menjelaskan serta mengajarkan pembuatan tata cara bekerja membuat menu menu  yaitu menu tahu gejrot,sup kacang merah,sambal matah,bebek menyetnyet,nasi putih ,dan doko doko cangkuning. Chhef dino juga mengajarkan kami tentang bagai mana bekerja di hotel hotel ,serta kami harus rajin meng up garade diri kami kata chef dino.



Setelah kami di ajarkan sama chef dino kami langsung mengerjakan tugas kelompok saya membuat doko doko cangkuning.saya langsung prepare bahan yang akan kami gunakan,saya membuat isi dari doko doko tersebu yaitu selai.saya menyiapkan kelapa kemudian saya paru,setelah di parut saya langsung cairkan gula merah,setelah gula merahnya cair saya masukkan kelapa tersebut dan di tambah air,garam,dan daun pandan.saya aduk aduk sampai gulanya betul betul meresap ke dalam parutan kelapa.


Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia yang terbuat dari tahu dan bumbu lainnya. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil.

Sambal matah adalah sebuah jenis bumbu sambal yang berasal dari Bali. Sambal tersebut terbuat dari bawang merah, cabai, serai, daun jeruk dan perasan jeruk nipis.
Bebek menyatnyat ini berasal dari kota Bali (Indonesia) kota yang dikenal dengan seribu pulau dewa . Bahan- bahanya pun menggunakan santan , Bebeknya yang di boil terlebih dahulu kemudian di braising membuat daging empuk dilidah . Juga menggunakan bumbu juga yang dihaluskan . Bebek menyatnyat yang kami buat kemarin dihidangkan dengan nasi putih,kangkung plecing dan sambal matah.

Sop kacang merah atau biasa disebut dengam Brenebon ,nama ini merupakan pengucapan lokal orang Manado   yang diambil dari Belanda yaitu  bruine bonen berarti "kacang merah" .Makanan ini berasal dari pengaruh belanda yang diadopsi oleh masyarakat Indonesia bagian timur . 
Hidangan sup ini dibuat dari kacang merah dan sayuran yang disajikan dalam kuah kaldu daging dengan campuran bumbu sup pada umumnya seperti bawang putih, merica dan bumbu-bumbu lain . Paling enak disajikan dalam keadaan panas .



Roko-roko Cangkuning karena rasanya yang khas dan baunya yang harum dari balutan daun pisang ini sehingga banyak yang suka. Doko artinya bungkus yang diisi dengan adonan Bugis yang disebut Cangkuning. Karena dibungkus lagi dengan daun, makanya dinamakan Doko-doko Cangkuning.






Setelah itu kami langsun mebentuk selai yang dingin menjadi bola bola dan adona ungu membungkusi selai tersebut,kemudian adonan yang sudah di bungkus di bungkus lagi dengan adonan putih,kemudian di bungkus lagi dengan daun pisang.setelah itu kami kukus menggunakan panci besar dan kami tunggu sampai matang.setelah matang kami dinginkan sampai beberapa menit,kemudian saya belah dan teman teman kelompok ku langsung menata dan menghiasi menu kami.setelah semuanya selesai kami langsung order ke resto.setelah itu kami lanjud general cilining dan kajian.

Komentar

Postingan Populer